Arsip Blog

Kamis, 31 Maret 2022

ALREADY, AND NOT YET

                                                         

Tuhan memerintah kita untuk menjadi kudus. Tuhan berkata, “Hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus” (1 Petrus 1:15-16). Jadi Tuhan telah mentakdirkan kita untuk menjadi serupa dengan gambar Anak-Nya. Apa yag Tuhan maksudkan untuk kita, Dia perintahkan agar kita kejar.

                Pada saat yang sama, kita harus memahami peperangan di dalam diri kita yang bisa menghambat kita dalam pertumbuhan karakter kita untuk menjadi kudus.

 

The War Within (peperangan di dalam)

                “Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan

                daging berlawanan  dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan

                daging – karena keduanya bertentangan – sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa

                yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka

                kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat” (Galatia 5:16-18).

Orang percaya harus berjalan dalam Roh, bukan dalam kedagingan. Berjalan dalam Roh berarti membiarkan Dia mengikuti jalan-Nya, itu berarti tetap berada dalam persekutuan dengan-Nya. Jika kita hidup oleh Roh, kita tidak memuaskan keinginan natur berdosa kita. Roh juga menuntun kita untuk memuliakan Kristus, karena pelayanan Roh untuk melibatkan orang percaya dengan Tuhan Yesus. Ketika kita berjalan dalam Roh, kedagingan, atau kehidupan diri sendiri, dianggap mati. Ini semua akan membuat kita mudah untuk berpikir bahwa kehidupan Kristen adalah satu kemenangan rohani. Namun kenyataannya adalah bahwa orang Kristen sering menderita kekalahan rohani yang pahit. Kita masih berdosa. Kita tidak selalu ingin melayani. Dengan demikian kita gagal memenuhi hukum kasih Allah. Bagaimana kita bisa menjelaskan ketegangan yang nyata antara kebebasa kita dan kegagalan kita?

                Martin Luther menghadapi dilemma yang sama. Terlepas dari semua upayanya untuk menjalani kehidupan yang saleh, ada kalanya dia tergoda untuk berbuat dosa. Dan tidak hanya tergoda. Ada saat-saat ketika dia melakukan dosa yang sangat memuaskan kedagingan. Hal ini membuat dia khawatir bahwa dia bukanlah seorang Kristen yang sesungguhnya. Mungkin Anda memiliki beberapa keraguan Anda sendiri. Apakah dosa-dosa Anda pernah menyebabkan Anda mempertanyakan keselamatan Anda?

                Salah satu ayat yang paling membantu Luther dalam pergumulan rohaninya berasal dari Galatia, “Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging – karena keduanya bertentangan – sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki” (Galatia 5:17). Luther menggunakan ayat ini untuk berkhotbah kepada dirinya sendiri, “Martin, kamu tidak akan pernah sepenuhnya tanpa dosa, karena kamu masih memiliki kedagingan. Oleh karena itu, kamu akan selalu menyadari konfliknya, sesuai dengan pernyataan Paulus: “Keingin daging melawan Roh”. Oleh karena itu, jangan putus asa, tetapi melawan, dan jangan memuaskan keinginan daging”.

                Ayat ini menggambarkan perang di dalam, konflik yang terus-menerus berkecamuk di dalam hati manusia. Satu keinginan bergulat dengan yang lain, seperti dua pegulat sumo yang mencoba mendorong satu sama lain ke luar dari ring – kedagingan melawan Roh, sifat berdosa melawan sifat  lahir baru. Hasil dari konflik ini adalah bahwa kita tidak selalu melakukan apa yang ingin kita lakukan. Seringkali, kita melakukan yang sebaliknya, karena kedagingan berperang melawan Roh.

                Pada saat yang sama, Roh berjuang untuk mencegah kedagingan menuruti keinginannya yang berdosa. Berikut adalah bagaimana seorang komentator menggambarkan pertempuran berikutnya: “Kedagingan melawan Roh sehingga manusia tidak dapat melakukan apa yang mereka inginkan sesuai dengan pikiran Roh, dan Roh menentang kedangingan agar mereka tidak melakukan apa yang mereka inginkan menurut keinginan daging. Apakah orang itu memilih yang jahat, Roh menentangnya; apakah dia memilih yang baik, kedagingan menghalanginya.

                Perhatikan bahwa ini adalah kondisi rohani orang percaya. Ketika Paulus berkata, “kamu tidak melakukan apa yang kamu inginkan”. Dia berbicara kepada orang-orang Kristen Galatia yang telah menerima Roh Kudus (Galatia 3:3), dan adalah anggota gereja Yesus Kristus. Pertempuran rohani antara kedagingan dan Roh terjadi dalam diri orang ktisten.

                Inilah yang dimaksud Martin Luther ketika dia mengatakan bahwa orang Kristen “dibenarkan dan berdosa pada saat yang sama” (Simul iustus et peccator). Di dalam orang Kristen praktis merupakan paradox, ditarik oleh kedagingan dan Roh dalam dua arah yang berbeda sekaligus. Apa yang terjadi di dalam hati, pikiran, jiwa, dan tubuh orang percaya tidak lain adalah perang saudara, konfrontasi kekerasan antara kekuatan yang berlawanan, “antagonisme yang tidak dapat didamaikan”.

                Ini membantu kita untuk menyadari bahwa kehidupan rohani akan selalu menjadi perjuangan. Bagaimana bisa sebaliknya, bila keinginan daging kita bertentangan dengan Roh Tuhan?

Kita tidak perlu heran dengan dosa, seolah-olah kita mengharapkan Tuhan menyempurnakan kita dalam hidup ini. Dosa juga tidak boleh membuat kita meragukan keselamatan kita. Sebaliknya, kita paling sadar akan dosa kita ketika Roh paling aktif berperang melawan musuh lama kita –  kedagingan yang berdosa.

                Sadarilah juga, bahwa perang tidak akan berlangsung selamanya. Kita tidak sedang berjuang untuk kalah. Bukan dengan perjuangan antara kedagingan dan Roh yang berakhir dengan jalan buntu. Suatu hari Roh akan memperoleh kemenangan total, dan kedagingan tidak akan menyiksa kita lagi. Kemudian kita akan bebas dalam segala cara yang diinginkan oleh Roh untuk membebaskan kita: bebas dari dosa, bebas melakukan apa yang paling ingin kita lakukan, itulah yang Tuhan ingin kita lakukan.

                Bahkan sekarang kita dapat mulai mengalami kemenangan itu dengan mengikuti perintah Tuhan: “Hidup oleh Roh. Berjalan dalam Roh. Dipimpin oleh Roh.

 

 

 

Catatan tambahan: Roh dan kedagingan selalu berada dalam konflik. Tuhan bisa saja menghilangkan sifat kedagingan  dari orang percaya pada saat yang sama dengan pertobatan mereka, tetapi Dia tidak memilih untuk melakukannya. Mengapa? Tuhan ingin membuat mereka terus-menerus diingakan akan kelemahan mereka sendiri; untuk membuat mereka terus-menerus bergantung pada Kristus, Imam dan Pembela mereka; dan membuat mereka tak henti-hentinya memuji Dia yang menyelamatkan orang-orang berdosa itu. Alih-alih menghilangkan sifat kedagingan, Tuhan memberi kita Roh Kudus-Nya sendiri untuk mendiami kita. Roh Tuhan dan kedagingankita selalu berperang, dan akan terus berperang sampai kita dibawa pulang ke sorga. Peran orang percaya dalam konflik adalah untuk berserah pada Roh.

 

Words of Encouragement (Kata-kata Penyemangat)

                Kita harus ingat bahwa kita hidup dalam apa yang disebut para teolog sebagai era “already, not yet” antara kenaikan Kristus dan kedatangan-Nya yang kedua kali. Selama waktu ini, ada ketegangan terus-menerus antara siapa kita “didalam Kristus” dan siapa kita dalam pengalaman kita sehari-hari. Melalui persatuan kita dengan Kristus, kita sudah duduk bersama Dia di sorga (lihat Efesus 2:6), namun kita masih hidup di dunia yang dikutuk dosa dengan segala kesulitan dan rasa sakitnya. Kita sudah kudus dan tidak bercacat di hadapan Allah melalui persatuan kita dengan Kristus (lihat Efesus 1:4), tetapi kita masih berbuat dosa setiap hari.

                Dalam menghadapi dosa kita, Jerry Bridges merasa terbantu untuk memikirkan empat bidang:

1)      The guilt of sin (kesalahan dosa)  à The penalty of sin (hukuman dosa)

2)      The reign of sin (kekuasaan dosa)  = The dominion of sin (pemerintahan dosa)

3)      The presence of sin (flesh) (Kehadiran dosa / kedagingan)

4)      The activity of sin (aktivitas dosa)

 

Keempat segi dosa itu umum bagi semua orang yang tidak percaya. Itu benar bagi kita masing-masing sebelum kita percaya kepada Kristus sebagai Juruselamat kita. Kita berada di bawah kekuasaannya (the reign of sin). Kita tidak bisa menyenangkan Tuhan. Paulus berkata “Mereka yang hidup dalam daging tidak dapat menyenangkan Tuhan” (Roma 8:8). Kita mungkin adalah individu yang baik dengan sopan, bahkan dalam keadaan terbaik kita pun, tidak ada yang kita lakukan dapat menyenangkan Tuhan kalau kita belum bersatu dengan Kristus.

        Ketika kita percaya kepada Kristus sebagai Juruselamat kita, kita melalui kematian-Nya, diampuni dari dosa kita sehingga kita tidak lagi dianggap bersalah di hadapan Allah. Dia telah mengampuni semua dosa kita (the guilt of sin) itu di kayu salib (lihat Kolose 2:13; 1 Petrus 2:24). Setelah dibebaskan dari kesalah dosa (the guilt of sin), sebagai hasilnya, kita dibebaskan dari pemerintahannya (the dominion of sin) dalam hidup kita (lihat Kolose 1:13). Seperti yang dikatakan Paulus dalam Roma 6:2, kita telah “mati bagi dosa” – bukan untuk aktivitas dosa (the activity of sin) dalam hidup kita tetapi untuk pemerintahan absolutnya (the dominion of sin). Dosa mungkin mengobarkan perang gerilya melawan kita, tetapi dosa tidak dapat berkuasa dalam hidup kita. Kita harus menggunakan kata-kata Paulus, mati untuk kekuasaan dosa (the reign of sin).

        Karena kita masih memiliki daging (flesh) yang berperang melawan kita, kita masih mengalami aktivitas dosa (the activity of sin) setiap hari. Tetapi kita dipanggil untuk mematikannya (lihat Kolose 3:5). Kita harus menjauhkan diri dari nafsu daging yang berperang melawan jiwa kita (lihat 1 Petrus 2:11). Orang-orang tanpa Kristus tidak mengalami peperangan ini; mereka hidup nyaman di bawah kekuasaan dosa (the reign of sin). Tetapi begitu kita dibebaskan dari pemerintahan itu, peperangan melawan dosa dimulai. Seorang teolog menyebutnya ketidaknyamanan pada status dibenarkan. Di satu sisi, kita dibenarkan, kita berdiri di hadapan Allah seolah-olah kita tidak pernah berbuat dosa dan seolah-olah kita selalu taat. Di sisi lain, kita melihat bahwa, dalam pengalaman kita sehari-hari, kita berbuat dosa; kita sering tidak patuh.

        Jadi apa yang akan membuat kita tidak putus asa saat kita melihat dosa lebih lanjut dalam hidup kita? Apa yang akan memotivasi kita untuk bertahan dalam pertempuran kita dengan dosa kita yang tersisa, bahkan pada hari-hari ketika kita tampaknya tidak membuat kemajuan apa pun? Ini adalah kesadaran bahwa di dalam Kristus kita sudah berdiri kudus dan tak bercacat. Di hadapan Allah.

Jika Anda berkomitmen untuk mengejar keserupaan dengan Kristus, Anda akan menemukan ketegangan yang meningkat antara keinginan Anda untuk mengetahui dan melakukan kehendak Allah dan kemajuan yang Anda rasakan dalam melakukannya . Ketegangan yang meningkat ini dapat menjadi mengecilkan hati dan menurunkan motivasi. Solusi untuk dilemma ini adalah dengan mengingat bahwa, terlepas dari apakah kita mengalami hari baik atau hari yang buruk. Di dalam Dia, kita selalu kudus dan tak bercacat. Di dalam Dia, kita selalu sama sempurnanya dengan Dia dalam kemanusiaan-Nya yang tak berdosa. Ini adalah cara kita harus menyelesaikan ketegangan antara apa yang kita inginkan dan apa yang kita lihat tentang diri kita dalam pengalaman kita sehari-hari. Kita harus lebih melihat posisi kita di hadapan Allah di dalam Kristus daripada yang kita lakukan pada pengalaman kita yang sebenarnya, dan terus-menerus mencari siapa kita di dalam Dia akan memotivasi kita untuk menjadi lebih seperti Dia dalam penggalaman kita. Untuk melakukan ini, tentu saja, berarti kita harus menerima injil setiap hari.

Tujuh ciri orang mengejar kekudusan – orang yang menjadi lebih serupa dengan gambar Kristus. Orang ini memiliki:

1)      Pemahaman yang berkembang tentang kekudusan Allah dan implikasinya bagi kita

2)      Kepekaan yang tumbuh terhadap keberdosaan yang tersisa dan realitas kegagalan yang bersamaan untuk lebih sepenuhnya mengekspresikan buah Roh dalam kehidupan seseorang.

3)      Keinginan yang sungguh-sungguh dan usaha yang tulus untuk bertumbuh dalam keserupaan dengan Kristus, menyadari bahwa keinginan selalu melebihi pemenuhan

4)      Pemahaman yang jelas tentang prinsip tanggung jawab yang bergantung dan bagaimana menerapkan prinsip itu dalam kehidupan seseorang.

5)      Penerapan instrument anugerah secara konsisten melalui praktik disiplin spiritual yang memungkinkan kita bertumbuh dalam keserupaan dengan Kristus

6)      Memeluk injil yang terus-menerus untuk jaminan pengampunan dosa-dosa kita dan kedudukan kita yang benar di hadapan Allah sehingga kita akan dibatasi oleh kasih-Nya untuk hidup, bukan untuk diri kita sendiri tetapi untuk Dia

7)      Kesadaran yang berkembang dari ketidakmampuan rohani sendiri dan ketergantungan yang meningkat pada Roh Kudus untuk bekerja di dalam kita dan memungkinkan kita untuk berkarya.

Meskipun karakteristik keenam terdaftar sebagai salah satu dari tujuh, itu sebenarnya harus menyerap semua lima sebelumnya.

                Kita tidak dapat benar-benar bertumbuh dalam pemahaman kita tentang kekudusan Allah yang tak terbatas dan keberdosaan kita yang berlebihan dari dosa kita kecuali kita melihat kekudusan-Nya dan dosa kita melalui kacamata injil. Memandang mereka terpisah dari injil hanya menghasilkan pola pikir “celakahlah aku” alih-alih sikap sukacita “ini aku, utuslah aku”. Dan keinginan yang sungguh-sungguh dan usah yang tulus dari karakteristik ketiga dapat dipertahankan hanya melalui motivasi injil. Hal yang sama berlaku untuk latihan disiplin rohani.

                Tumbuhnya rasa ketidakmampuan rohani sendiri dan ketergantungan yang meningkat pada Roh Kudus juga meresapi lima karakteristik pertama. Hanya Roh Kudus yang benar-benar dapat memberi kita pemamahaman tentang keberdosaan kita sendiri. Dia melakukan ini terutama melalui Firman-Nya, tetapi tanpa pencerahan dan keyakinan-Nya, pengetahuan  kita tentang Kitab Suci hanya akan tetap bersifat intelektual. Kita membutuhkan tindakan-Nya yang penuh kuasa untuk membawa pengertian ke hati kita akan pengetahuan pengalaman yang meningkat tentang kebenaran-kebenaran ini. Dengan cara yang sama, kita bergantung pada Roh kudus untuk memampukan kita mempraktikkan disiplin spiritual secara effektif dan melihatnya sebagai “alat anugerah” yang diberikan untuk keuntungan kita daripada sekedar tugas untuk mempraktikkan untuk mendapatkan perkenaan Tuhan.

                Selama kita hidup di era “already, not yet”, kita akan terus berperang dengan dunia, iblis, dan kedagingan kita yang berdosa. Meskipun kemenangan terakhir dalam peperangan ini sudah pasti, kita memang mengalami kekalahan dan kemunduran saat kita menang, jadi kita harus tetap menatap Yesus dan kehidupan-Nya yang tidak berdosa dan kematian yang menanggung dosa di mana kita selalu berdiri di hadapan Allah dengan mengenakan kebenaran yang sempurna dari Kristus. Dan kita harus terus melihat kepada Roh Kudus untuk memberdayakan kita dalam peperangan ini. Kebenaran Kristus dan kuasa Roh Kudus adalah dua batu fondasi yang di atasnya transformasi rohani dibangun.

                Akhirnya, kita dapat menantikan hari ketika pada saat kematian kita masuk ke hadirat Tuhan dan berada di anatara “roh-roh orang benar yang disempurnakan” (Ibrani 12:23). Di luar itu, “kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya (pada kedatangan kedua), kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya” (1 Yohanes 3:2). Dan kemudian Yohanes menambahkan, “Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci” (Ayat 3). Semoga ini benar bagi kita.

Decroly Sakul

Virginia, September 2021

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar: