Arsip Blog

Kamis, 31 Maret 2022

RAHAB

                                                                            

                                                                          (Yosua 1:24)

 FROM SHAME TO HONOR

                Rahab telah mendengar tentang kemenangan luar biasa yang telah Tuhan berikan kepada orang orang Yahudi (Yos . 2:8-11). Dia menyimpulkan bahwa Tuhan mereka pastilah Tuhan yang benar, dan karena itu dia percaya kepada-Nya, menjadi seorang petobat sejati. Dia membuktikan realitas imannya dengan melindungi mata-mata meskipun itu berarti menghianati negaranya.

 Jadi focuslah pada iman Rahab, bukan pada kebohongannya

                (We) need to distinguish between what the Bible records (what is, descriptive)

                and what it teaches (what ought to be, prescriptive).

                (Walter Kaiser)

 “Pekerjaan” Rahab dan bukan “kata-katanya” yang membenarkannya (Yakobus 2:25). Alkitab tidak memuji tipu dayanya (Yos. 2:4-5), tetapi Alkitab memuji imannya (Ibrani 11:31). Yakobus juga menyebut perbuatannya sebagai karya iman (Yakobus 2:25). Dia mempertaruhkan nyawa mata-mata dan dirinya karena dia percaya pada kekuatan dan kedaulatan Tuhan mereka. Seperti di hari Tuhan kita, beberapa orang di luar orang Israel menunjukkan lebih beriman daripada mereka yang menjadi saksi mata kemulian-Nya (Lukas 7:2-9).

 

Iman Rahab

1)      Beriman karena dia mendengar Firman Tuhan (Yosua 2:9,11)

“Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus” (Roma 10:17).

External calling                                                 Internal calling (by Holy Spirit)

(Yosua 2:24b) (bdn. Yakobus 2:19)                            Keselamatan

2)      Yosua 2:11b, “TUHAN, Allahmu, ialah Allah di langit di atas dan di bumi di bawah”.

Paulus, “..aku tahu kepada siapa aku percaya..” (2 Timotius 1:12)

                    “I know whom I believe”

Yakub percaya Tuhan hanya ada di Israel, itu sebabnya dia baru tahu ketika dia bermimpi di suatu tempat di Haran. Kejadian 28:16, “ketika Yakub bangun dari tidurnya, berkatalah ia: “Sesungguhnya TUHAN ada di tempat ini dan aku tidak mengetahuinya”.

 

3)      Yosua 2:9 – Pengintai mendapat info dari Rahab, dan dia telah menguatkan bangsa Israel.

Bandingkan dengan Bilangan 13 &14.

Silsilah:                                                Yehuda <> Tamar

                                                                Peres

                                                                Herson

                                                                Ram

                                                                Aminadab

                                                                Nahason

                                                                Salmon <> Rahab

                                                                                Boas <> Rut

                                                                                          Obed

                                                                                           Isai

                                                                                           Daud

                                                                                                _

                                                                                                -

                                                                                                -

                                                                                            Yusuf <> Maria

                                                                                                                          Yesus (Matius 1:1-17)

Amazing Grace à From shame to honor

                                                                                RUT

 

RUT 1 : KEMBALI KEPADA ALLAH DALAM KESESAKAN

Keputusan tanpa Allah, ayat 1-5

·         Ironi Betlehem (rumah roti) sekarang tidak ada roti karena kelaparan

·         Elimelekh (my God is King) & keluarga memutuskan ke Moab untuk mengungsi

·         Dari menetap sebagai orang asing (ayat 1), menjadi diam (2), dan akhirnya diam sepuluh tahun (ayat 4) à Orang Israel harus ke Bait Allah di Yerusalem tiga kali setahun.

·         Tragedi:Elimelekh & kedua anaknya Mahlon (sickness) dan Kilyon (wasting) mati

 

Kembali: langkah pertama yang sulit

·         Kata “kembali”/”pulang” muncul 12 kali (pertobatan)

·         Naomi mengambil langkah pertama untuk kembali, (ayat 6-7,22)

·         Langkah yang sulit karena dia kembali dengan tangan yang kosong (ayat 21)

 

Kepahitan: perasaan yang harus ditangani

·         Naomi menyuruh kedua menantu perempuannya pulang ke rumah orang tua mereka

Alasannya:

Ø  Ia tidak lagi mempunyai anak laki-laki, (ayat 12-13)

Ø  Tangan Tuhan teracung terhadapnya, (ayat 13) àself-pity

·         Jangan sebut aku Naomi (pleasing) tetapi sebut aku Mara (bitter), (ayat 20)

·         Tuhan memulangkan aku dengan tangan kosong (ayat 21)

·         Naomi dengan jujur menunjukkan kepahitan hatinya

 

Pemeliharaan Tuhan yang tidak disadari

·         Naomi berpikir ia pulang dengan tangan kosong, tapi Tuhan memberikan dia Rut yang percaya kepada Tuhan (ayat 16-17)

·         Iman Rut merupakan buah dari penderitaan dan iman Naomi

·         Rut adalah alat yang dipakai Tuhan untuk memenuhi kembali hidup Naomi, bandingkan Rut 4:13-17

·         Tuhan yang sudah mempersiapkan pemeliharaan jangka pendek Naomi (ayat 22)

(Yang berhak memungut jelai adalah janda, anak ytim piatu, orang asing àImamat 19:9-10: Ulangan 24:19)

 RUT 2 : MELIHAT JALAN BUNTU MENJADI PINTU PENGHARAPAN

Allah dibalik kebetulan

·         Rut berdoa supaya ia dapat memungut jelai di ladang orang yang murah hati (ayat 2)

·         Rut “kebetulan” berada di tanah milik Boas (ayat 3)

·         Naomi mengerti dibalik kebetulan tersebut adalah tangan Tuhan (ayat 20)

 

Tindakan manusia dalam pemeliharaan

·         Rut sibuk seharian memungut jelai (ayat 5-7)

·         Boas menunjukkan kemurahan hati yang luar biasa (ayat 8)

Ø  Meminta Rut terus datang ke ladangnya

Ø  Memberi Rut makan & ada sisa (ayat 14)

Ø  Menyuruh pegawainya untuk mencecerkan jelai untuk dipungut Rut (ayat 16-17)

 Pemeliharaan yang berlimpah

·         Rut diperbolehkan untuk mengikuti pekerja perempuan Boas (ayat 9)

·         Rut boleh memungut di antara berkas-berkas tuaian (ayat 15)

·         Rut mendapatkan seefa jelai

·         Satu efa = kurang lebih 36 liter

 Alasan dibalik pemeliharaan

·         Boas begitu baik bukan tanpa alasan

·         Boas telah mendengar apa yang telah Rut lakukan bagi mertuanya, dan iman Rut kepada Tuhan Allah Israel (ayat 11-12)

 

Melihat harapan

·         Naomi yang sebelumnya begitu pahit hati mulai dapat melihat lagi kesetiaan Tuhan (ayat 18-22)

·         Naomi mulai melihat bagaimana jalan buntu yang ia rasakan telah Allah ubah menjadi pintu pengharapan – Naomi mulai berpikir menikahkan Rut dengan Boas di pasal 3

 

RUT 3 : STRATEGI UNTUK MENDAPATKAN PENEBUSAN

Berani memiliki visi (ayat 1-2)

·         Naomi merencanakan untuk menikahkan Rut dan Boas

·         Sebelumnya Naomi pernah bercerita tentang ketidakmungkinan pernikahan kerabat (Levirat) , pasal 1:11-13. Bandingkan Ulangan 25:5-10

 

Strategi yang cerdik (ayat 3-9, 12-13)

·         Naomi mengerti bahwa Boas bukan penebus pertama, karenanya meminta Rut datang secara tidak normal

·         Rut harus datang dengan diam-diam dan tidur di bawah kaki Boas (ayat 4)

·         Rencana yang cukup beresiko

·         Rut meminta Boas menikahinya sebagai seorang penebus (ayat 9). Bandingkan “kembangkan sayapmu melindungi” dengan “Yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung” (pasal 2:12)

·         Boas menyatakan ada penebus pertama (ayat 12-13)

 

Respons yang sangat positif (ayat 10-11)

·         Boas melihat Rut menunjukkan kasih yang lebih dari sebelumnya

·         Rut dipuji sebagai “perempuan baik-baik” (ayat 11)

·         Ini merupakan istilah yang sama dengan “istri yang cakap” (Amsal 31:10)

 

Pasangan yang serasih (ayat 14-16)

·         Boas memberikan hadiah kepada Naomi, sepertinya senang atas inisiatif Naomi

·         Rut disebut “the woman” (ayat 14)

·         Boas disebut “the man” (ayat 16, bandingkan ayat 3)

·         Menurut perspektif manusia mungkin ini bukan pasangan serasi, tapi dari perspektif Allah mereka sangat serasi (bandingkan pasal 2:1 dan pasal 3:11)

Boas perkasa dan Rut cakap àserta mereka sama-sama beriman kepada Tuhan

 

RUT 4 : PENEBUSAN DILAKSANAKAN

Rencana penebusan yang berhasil (ayat 1-12)

·         Naomi mengerti bahwa Orang itu tidak akan berhenti, sebelum diselesaikannya perkara itu pada hari ini juga” (pasal 3:17-18)

·         Boas dengan semangat langsung pergi ke pintu gerbang (kota) untuk mencari penebus pertama & para saksi (ayat 1-2)

·         Boas berstrategi supaya penebus pertama mundur teratur (ayat 3-6)

·         Boas berjanji akan membeli ladang Elimelekh & menikahi Rut (8-10)

·         Para saksi memberikan doa yang luar biasa (ayat 11-12)

 

KONSEP PENEBUSAN

·         Dilakukan menurut hukum (ayat 1-2) à Yesus haruslah manusia

·         Dilakukan dengan strategi (ayat 3-8) à Allah merancang penebusan dengan strategi yang sangat hebat

·         Dilakukan dengan sukarela/ karena kasih (ayat 9-10) à Yesus haruslah sukarela melakukan penebusan

·         Dilakukan dengan membayar harga (ayat 9-10) à Yesus haruslah Allah baru mampu membayar harga tersebut

·         Dilakukan dengan harapan untuk masa depan (ayat 11-12) à Supaya umat dapat ditebus & mendapat hidup kekal

 

Rencana Allah yang hebat (ayat 13-17)

·         Allah tak pernah melupahkan Naomi, focus pada setiap pasal selalu berakhir pada Naomi

·         Allah memberikan masa depan bagi Naomi: dekat & pribadi (ayat 13), tetapi dengan mahkota pada masa depan (ayat 17b)

·         Anak itu didoakan untuk mendapatkan nama yang termasyur (ayat 14) dan menariknya namanya adalah Obed (worshipper), ayat 17a

·         Obed secara legal adalah anak Naomi & Elimelekh – menjadi penebus bagi Naomi (ayat 15a), tetapi sementara ini ia harus diasuh Naomi (ayat 16)

·         Naomi yang berpikir pulang dengan tangan kosong ternyata pulang dengan seorang menantu yang lebih baik dari sempurna (ayat 15b) à 7= angka sempurna

 

PELAJARAN

·         Kedaulatan Allah tidak menghilangkan tanggung jawab manusia – Naomi, Rut, dan Boas berusaha keras untuk membuahkan penebusan

·         Kita tidak pernah tahu apa yang Allah akan lakukan melalui penderitaan yang Ia izinkan terjadi

·         Apa yang merupakan kosong ternyata bisa merupakan kelimpahan nantinya

·         Karena rancangan Allah bukan hanya untuk masa depan yang dekat, tetapi juga masa depan yang jauh, kita harus rela dibentuk & bersyukur untuk apapun yang Allah kerjakan dalam kehidupan kita

 

OVERVIEW

PASAL 1 : Tiga respons tragedy

1)      Orpa à Naomi berkata kepada kedua mantunya: “Pergilah, pulanglah masing masing ke rumah ibunya; Tuhan kiranya menunjukkan kasih-Nya kepadamu” (ayat 8)

Orpa mencari hidup baru tanpa Tuhan (ayat 14)

2)      Naomi à Dia mengetahui kedaulatan Tuhan, tapi dalam kesengsaraannya dia mengeluh pada Tuhan. Dia berkata, “Janganlah sebutkan aku Naomi (pleasing), sebutkanlah aku Mara (bitter), sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku” (ayat 20).

“Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong Tuhan memulangkan aku” (ayat 21). Padahal Tuhan memberikan Rut padanya.

3)      Rut à Ayat 16-17 – chiasmus

A Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau

                B Sebab ke mana engkau pergi kesitu jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam

                    di situ jugalah aku bermalam

                                C Bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku

                B’ Di mana engkau mati , akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan

A’ Memisahkan aku dari engkau

Pasal 2 : Kata kasih setia (Hesed)

                Ayat 20 à Naomi melihat kembali kata “hesed” (kasih setia). Di pasal 1:8, Naomi mengatakan hesed kepada Orpa tapi dia sendiri tidak menjalankannya (fragmented theology)

                Ayat 3 à “Kebetulan – tidak ada kebetulan bagi orang Kristen

 

Pasal 3 : Kembangkanlah kiranya sayapmu melindungi hambamu ini

                Ayat 9 àTidak ada indikasi dalam teks sebelunnya bahwa Naomi memberi tahu Rut apa yang harus dikatakan atau bagaimana berinteraksi dengan Boas. Menurut ayat 4, Boas akan memberi tahu Rut apa yang harus yang harus dilakukan. Tampaknya dalam konteks kebingungan dan keterkejutan Boas, Rut merasa terdorong untuk mengatakan lebih dari sekedar mengatakan namanya. Amsal 16:1 berkata, “Manusia dapat menimbang-nimbang dalam hati, tetapi jawaban lidah berasal dari pada Tuhan”. Dengan anugerah Tuhan yang berdaulat, dia membuat permintaan yang luar biasa dan menunjukkan pemahaman yang jelas. Secara harafiah dia berkata, “Kembangkanlah kiranya sayapmu melindungi hambamu ini, sebab engkaulah seorang kaum yang wajib menebus kami”

                Sebelumnya, sebagaimana dicatat dalam pasal 2:12, Boas telah mengatakan bahwa Rut telah mencari perlindungan di bawah “sayap” Allah Israel, Yahweh. Dengan kata lain, dia datang dengan iman kepada-Nya untuk anugerah, perlindungan, dan pemeliharaan. Sekarang dia meminta Boas untuk menjadi bagian dari perlindungan dan pemeliharaan Yahweh dalam hidupnya. Ungkapan “Kembangkanlah kiranya sayapmu” digunakan di tempat lain dalam Kitab Suci sebagai ungkapan untuk perkawinan (Yehezkiel 16:8).

                Ayat 15 à enam takar jelai – angka enam menunjukkan belum sempurna karena Boas masih harus menyelesaikan dengan penebus pertama. Di pasal 4:15, “lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki” – tujuh menunjukkan sempurna karena Boas telah berhasil menikahi Rut

 

Pasal 4 : Di bagi tiga bagian yang besar

1)      4:1-12                                                    =                             1:7-19a

Boas                                                                                      Naomi

Penebus (undur diri)                                                       Orpa (undur diri)

Tua-tua                                                                                 Rut

 

2)      4:13-17                                                 =                             1:19b-32

Perempuan-perempuan,4:13                                      Perempuan-perempuan, 1:19

Rut > 7 anak laki-laki, 4:15                                            Tangan yang kosong, 1:21

 

3)      4:18-20                                                 =                             1:1-5

Epilog                                                                                    Prolog

10 nama dr Boas s/d Daud                                           10 tahun tidak punya anak

 

                                                10 kesamaan antara Rut dan Abraham

 

1)      Sama-sama penyembah berhala dan orang asing

2)      Sama-sama meninggalkan ibu dan bapanya

3)      Sama-sama meninggalkan tanah kelahirannya

4)      Sama-sama pergi ke suatu suku bangsa yang asing

5)      Sama-sama ada pengungsian karena kelaparan

6)      Sama-sama Rut dan Saarah tidak melahirkan anak sebelum Tuhan memberikan

7)      Sama-sama mengingat perjanjian dengan Tuhan

8)      Sama-sama mempunyai kasih setia (hesed)

9)      Rut dan Sarah sama-sama melahirkan anak diusia senja

10)   Rut tetap beriman meskipun tidak nampak ada hari depan sama dengan Abraham

Janji Tuhan kepada Abraham, …”dan dari padamu akan berasal raja-raja” (kejadian 17:6), dijawab di Rut 4:22, Obed (anak Boas dan Rut) memperanakkan Isai da Isai memperanakkan Daud”.

 

                                                Persamaan dan perbedaan  antara Rut dan Tamar

 

1)      Sama-sama janda karena suaminya meninggal

2)      Sama-sama belum punya anak

3)      Sama-sama memakai pakaian indah

4)      Sama-sama menghampiri laki-laki

5)      Bedanya: Rut melakukannya dengan tulus

   Tamar memperdaya dengan mempresentasikan diri sebagai pelacur

 

                                                 Rut and Ester

Rut                                                                                                                         Ester

>A gentile woman                                                                           >A Jewish woman

>Lived among the Jews                                                                 >Lived among the Gentiles

>Married a Jewish man in the royal line                                  >Married a gentile man who ruled

  of David                                                                                               an empire

>A story of faith and blessing                                                      >A story of faith and blessing

 

 

 

 Decroly Sakul - Juli 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar: