(Yosua 1:24)
FROM SHAME TO HONOR
Rahab
telah mendengar tentang kemenangan luar biasa yang telah Tuhan berikan kepada
orang orang Yahudi (Yos . 2:8-11). Dia menyimpulkan bahwa Tuhan mereka pastilah
Tuhan yang benar, dan karena itu dia percaya kepada-Nya, menjadi seorang
petobat sejati. Dia membuktikan realitas imannya dengan melindungi mata-mata
meskipun itu berarti menghianati negaranya.
Jadi focuslah pada iman Rahab, bukan pada kebohongannya
(We)
need to distinguish between what the
Bible records (what is, descriptive)
and
what it teaches (what ought to be,
prescriptive).
(Walter
Kaiser)
“Pekerjaan” Rahab dan bukan “kata-katanya” yang membenarkannya (Yakobus 2:25). Alkitab tidak memuji tipu dayanya (Yos. 2:4-5), tetapi Alkitab memuji imannya (Ibrani 11:31). Yakobus juga menyebut perbuatannya sebagai karya iman (Yakobus 2:25). Dia mempertaruhkan nyawa mata-mata dan dirinya karena dia percaya pada kekuatan dan kedaulatan Tuhan mereka. Seperti di hari Tuhan kita, beberapa orang di luar orang Israel menunjukkan lebih beriman daripada mereka yang menjadi saksi mata kemulian-Nya (Lukas 7:2-9).
Iman Rahab
1) Beriman karena dia mendengar Firman
Tuhan (Yosua 2:9,11)
“Jadi iman timbul dari pendengaran,
dan pendengaran oleh firman Kristus” (Roma 10:17).
External calling Internal calling (by Holy Spirit)
(Yosua 2:24b) (bdn. Yakobus 2:19) Keselamatan
2) Yosua 2:11b, “TUHAN, Allahmu, ialah Allah di langit di atas dan di bumi di bawah”.
Paulus, “..aku tahu kepada siapa aku
percaya..” (2 Timotius 1:12)
“I know whom I believe”
Yakub percaya Tuhan hanya ada di
Israel, itu sebabnya dia baru tahu ketika dia bermimpi di suatu tempat di
Haran. Kejadian 28:16, “ketika Yakub bangun dari tidurnya, berkatalah ia:
“Sesungguhnya TUHAN ada di tempat ini dan aku tidak mengetahuinya”.
3) Yosua 2:9 – Pengintai mendapat info
dari Rahab, dan dia telah menguatkan bangsa Israel.
Bandingkan dengan Bilangan 13
&14.
Silsilah: Yehuda
<> Tamar
Peres
Herson
Ram
Aminadab
Nahason
Salmon
<> Rahab
Boas
<> Rut
Obed
Isai
Daud
_
-
-
Yusuf <> Maria
Yesus
(Matius 1:1-17)
Amazing Grace à From shame to honor
RUT
RUT 1 : KEMBALI KEPADA ALLAH DALAM
KESESAKAN
Keputusan tanpa Allah, ayat 1-5
·
Ironi
Betlehem (rumah roti) sekarang tidak ada roti karena kelaparan
·
Elimelekh
(my God is King) & keluarga memutuskan ke Moab untuk mengungsi
·
Dari
menetap sebagai orang asing (ayat 1), menjadi diam (2), dan akhirnya diam sepuluh
tahun (ayat 4) à
Orang Israel harus ke Bait Allah di Yerusalem tiga kali setahun.
·
Tragedi:Elimelekh
& kedua anaknya Mahlon (sickness) dan Kilyon (wasting) mati
Kembali: langkah pertama yang sulit
·
Kata
“kembali”/”pulang” muncul 12 kali (pertobatan)
·
Naomi
mengambil langkah pertama untuk kembali, (ayat 6-7,22)
·
Langkah
yang sulit karena dia kembali dengan tangan yang kosong (ayat 21)
Kepahitan: perasaan yang harus ditangani
·
Naomi
menyuruh kedua menantu perempuannya pulang ke rumah orang tua mereka
Alasannya:
Ø Ia tidak lagi mempunyai anak
laki-laki, (ayat 12-13)
Ø Tangan Tuhan teracung terhadapnya,
(ayat 13) àself-pity
·
Jangan
sebut aku Naomi (pleasing) tetapi sebut aku Mara (bitter), (ayat 20)
·
Tuhan
memulangkan aku dengan tangan kosong (ayat 21)
·
Naomi
dengan jujur menunjukkan kepahitan hatinya
Pemeliharaan Tuhan yang tidak disadari
·
Naomi
berpikir ia pulang dengan tangan kosong, tapi Tuhan memberikan dia Rut yang percaya
kepada Tuhan (ayat 16-17)
·
Iman
Rut merupakan buah dari penderitaan dan iman Naomi
·
Rut
adalah alat yang dipakai Tuhan untuk memenuhi kembali hidup Naomi, bandingkan
Rut 4:13-17
·
Tuhan
yang sudah mempersiapkan pemeliharaan jangka pendek Naomi (ayat 22)
(Yang berhak memungut jelai adalah
janda, anak ytim piatu, orang asing àImamat 19:9-10: Ulangan 24:19)
RUT 2 : MELIHAT JALAN BUNTU MENJADI PINTU PENGHARAPAN
Allah dibalik kebetulan
·
Rut
berdoa supaya ia dapat memungut jelai di ladang orang yang murah hati (ayat 2)
·
Rut
“kebetulan” berada di tanah milik Boas (ayat 3)
·
Naomi
mengerti dibalik kebetulan tersebut adalah tangan Tuhan (ayat 20)
Tindakan manusia dalam pemeliharaan
·
Rut
sibuk seharian memungut jelai (ayat 5-7)
·
Boas
menunjukkan kemurahan hati yang luar biasa (ayat 8)
Ø Meminta Rut terus datang ke
ladangnya
Ø Memberi Rut makan & ada sisa
(ayat 14)
Ø Menyuruh pegawainya untuk
mencecerkan jelai untuk dipungut Rut (ayat 16-17)
Pemeliharaan yang berlimpah
·
Rut
diperbolehkan untuk mengikuti pekerja perempuan Boas (ayat 9)
·
Rut
boleh memungut di antara berkas-berkas tuaian (ayat 15)
·
Rut
mendapatkan seefa jelai
·
Satu
efa = kurang lebih 36 liter
Alasan dibalik pemeliharaan
·
Boas
begitu baik bukan tanpa alasan
·
Boas
telah mendengar apa yang telah Rut lakukan bagi mertuanya, dan iman Rut kepada
Tuhan Allah Israel (ayat 11-12)
Melihat harapan
·
Naomi
yang sebelumnya begitu pahit hati mulai dapat melihat lagi kesetiaan Tuhan
(ayat 18-22)
·
Naomi
mulai melihat bagaimana jalan buntu yang ia rasakan telah Allah ubah menjadi
pintu pengharapan – Naomi mulai berpikir menikahkan Rut dengan Boas di pasal 3
RUT 3 : STRATEGI UNTUK MENDAPATKAN
PENEBUSAN
Berani memiliki visi (ayat 1-2)
·
Naomi
merencanakan untuk menikahkan Rut dan Boas
·
Sebelumnya
Naomi pernah bercerita tentang ketidakmungkinan pernikahan kerabat (Levirat) ,
pasal 1:11-13. Bandingkan Ulangan 25:5-10
Strategi yang cerdik (ayat 3-9, 12-13)
·
Naomi
mengerti bahwa Boas bukan penebus
pertama, karenanya meminta Rut datang secara tidak normal
·
Rut
harus datang dengan diam-diam dan tidur di bawah kaki Boas (ayat 4)
·
Rencana
yang cukup beresiko
·
Rut
meminta Boas menikahinya sebagai seorang penebus (ayat 9). Bandingkan
“kembangkan sayapmu melindungi” dengan “Yang di bawah sayap-Nya engkau datang
berlindung” (pasal 2:12)
·
Boas
menyatakan ada penebus pertama (ayat 12-13)
Respons yang sangat positif (ayat 10-11)
·
Boas
melihat Rut menunjukkan kasih yang lebih dari sebelumnya
·
Rut
dipuji sebagai “perempuan baik-baik” (ayat 11)
·
Ini
merupakan istilah yang sama dengan “istri yang cakap” (Amsal 31:10)
Pasangan yang serasih (ayat 14-16)
·
Boas
memberikan hadiah kepada Naomi, sepertinya senang atas inisiatif Naomi
·
Rut
disebut “the woman” (ayat 14)
·
Boas
disebut “the man” (ayat 16, bandingkan ayat 3)
·
Menurut
perspektif manusia mungkin ini bukan pasangan serasi, tapi dari perspektif
Allah mereka sangat serasi (bandingkan pasal 2:1 dan pasal 3:11)
Boas perkasa dan Rut cakap àserta mereka sama-sama beriman
kepada Tuhan
RUT 4 : PENEBUSAN DILAKSANAKAN
Rencana penebusan yang berhasil (ayat 1-12)
·
Naomi
mengerti bahwa Orang itu tidak akan berhenti, sebelum diselesaikannya perkara
itu pada hari ini juga” (pasal 3:17-18)
·
Boas
dengan semangat langsung pergi ke pintu gerbang (kota) untuk mencari penebus
pertama & para saksi (ayat 1-2)
·
Boas
berstrategi supaya penebus pertama mundur teratur (ayat 3-6)
·
Boas
berjanji akan membeli ladang Elimelekh & menikahi Rut (8-10)
·
Para
saksi memberikan doa yang luar biasa (ayat 11-12)
KONSEP PENEBUSAN
·
Dilakukan
menurut hukum (ayat 1-2) à Yesus haruslah manusia
·
Dilakukan
dengan strategi (ayat 3-8) à Allah merancang penebusan dengan strategi yang
sangat hebat
·
Dilakukan
dengan sukarela/ karena kasih (ayat 9-10) à Yesus haruslah sukarela melakukan
penebusan
·
Dilakukan
dengan membayar harga (ayat 9-10) à Yesus haruslah Allah baru mampu
membayar harga tersebut
·
Dilakukan
dengan harapan untuk masa depan (ayat 11-12) à Supaya umat dapat ditebus &
mendapat hidup kekal
Rencana Allah yang hebat (ayat 13-17)
·
Allah
tak pernah melupahkan Naomi, focus pada setiap pasal selalu berakhir pada Naomi
·
Allah
memberikan masa depan bagi Naomi: dekat & pribadi (ayat 13), tetapi dengan
mahkota pada masa depan (ayat 17b)
·
Anak
itu didoakan untuk mendapatkan nama yang termasyur (ayat 14) dan menariknya
namanya adalah Obed (worshipper), ayat 17a
·
Obed
secara legal adalah anak Naomi & Elimelekh – menjadi penebus bagi Naomi
(ayat 15a), tetapi sementara ini ia harus diasuh Naomi (ayat 16)
·
Naomi
yang berpikir pulang dengan tangan
kosong ternyata pulang dengan seorang menantu yang lebih baik dari sempurna
(ayat 15b) à 7=
angka sempurna
PELAJARAN
·
Kedaulatan
Allah tidak menghilangkan tanggung jawab manusia – Naomi, Rut, dan Boas
berusaha keras untuk membuahkan penebusan
·
Kita
tidak pernah tahu apa yang Allah akan lakukan melalui penderitaan yang Ia
izinkan terjadi
·
Apa
yang merupakan kosong ternyata bisa merupakan kelimpahan nantinya
·
Karena
rancangan Allah bukan hanya untuk masa depan yang dekat, tetapi juga masa depan
yang jauh, kita harus rela dibentuk & bersyukur untuk apapun yang Allah
kerjakan dalam kehidupan kita
OVERVIEW
PASAL 1 : Tiga respons tragedy
1) Orpa à Naomi berkata kepada kedua
mantunya: “Pergilah, pulanglah masing masing ke rumah ibunya; Tuhan kiranya menunjukkan
kasih-Nya kepadamu” (ayat 8)
Orpa mencari hidup baru tanpa Tuhan
(ayat 14)
2) Naomi à Dia mengetahui kedaulatan Tuhan,
tapi dalam kesengsaraannya dia mengeluh pada Tuhan. Dia berkata, “Janganlah
sebutkan aku Naomi (pleasing), sebutkanlah aku Mara (bitter), sebab Yang
Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku” (ayat 20).
“Dengan tangan yang penuh aku pergi,
tetapi dengan tangan yang kosong Tuhan memulangkan aku” (ayat 21). Padahal
Tuhan memberikan Rut padanya.
3) Rut à Ayat 16-17 – chiasmus
A Janganlah
desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau
B Sebab ke mana engkau pergi kesitu
jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam
di situ jugalah aku bermalam
C Bangsamulah bangsaku dan Allahmulah
Allahku
B’ Di mana engkau mati , akupun mati di
sana, dan di sanalah aku dikuburkan
A’ Memisahkan
aku dari engkau
Pasal 2 : Kata kasih setia (Hesed)
Ayat
20 à
Naomi melihat kembali kata “hesed” (kasih setia). Di pasal 1:8, Naomi
mengatakan hesed kepada Orpa tapi dia sendiri tidak menjalankannya (fragmented
theology)
Ayat
3 à
“Kebetulan – tidak ada kebetulan bagi orang Kristen
Pasal 3 : Kembangkanlah kiranya sayapmu melindungi hambamu ini
Ayat
9 àTidak
ada indikasi dalam teks sebelunnya bahwa Naomi memberi tahu Rut apa yang harus
dikatakan atau bagaimana berinteraksi dengan Boas. Menurut ayat 4, Boas akan
memberi tahu Rut apa yang harus yang harus dilakukan. Tampaknya dalam konteks
kebingungan dan keterkejutan Boas, Rut merasa terdorong untuk mengatakan lebih dari
sekedar mengatakan namanya. Amsal 16:1 berkata, “Manusia dapat
menimbang-nimbang dalam hati, tetapi jawaban lidah berasal dari pada Tuhan”.
Dengan anugerah Tuhan yang berdaulat, dia membuat permintaan yang luar biasa
dan menunjukkan pemahaman yang jelas. Secara harafiah dia berkata,
“Kembangkanlah kiranya sayapmu melindungi hambamu ini, sebab engkaulah seorang
kaum yang wajib menebus kami”
Sebelumnya,
sebagaimana dicatat dalam pasal 2:12, Boas telah mengatakan bahwa Rut telah
mencari perlindungan di bawah “sayap” Allah Israel, Yahweh. Dengan kata lain,
dia datang dengan iman kepada-Nya untuk anugerah, perlindungan, dan
pemeliharaan. Sekarang dia meminta Boas untuk menjadi bagian dari perlindungan
dan pemeliharaan Yahweh dalam hidupnya. Ungkapan “Kembangkanlah kiranya
sayapmu” digunakan di tempat lain dalam Kitab Suci sebagai ungkapan untuk perkawinan (Yehezkiel 16:8).
Ayat
15 à
enam takar jelai – angka enam menunjukkan belum sempurna karena Boas masih
harus menyelesaikan dengan penebus pertama. Di pasal 4:15, “lebih berharga
bagimu dari tujuh anak laki-laki” – tujuh menunjukkan sempurna karena Boas
telah berhasil menikahi Rut
Pasal 4 : Di bagi tiga bagian yang besar
1) 4:1-12 = 1:7-19a
Boas Naomi
Penebus (undur diri) Orpa
(undur diri)
Tua-tua Rut
2) 4:13-17 = 1:19b-32
Perempuan-perempuan,4:13 Perempuan-perempuan,
1:19
Rut > 7 anak laki-laki, 4:15 Tangan
yang kosong, 1:21
3) 4:18-20 = 1:1-5
Epilog Prolog
10 nama dr Boas s/d Daud 10
tahun tidak punya anak
10 kesamaan antara Rut dan Abraham
1) Sama-sama penyembah berhala dan
orang asing
2) Sama-sama meninggalkan ibu dan
bapanya
3) Sama-sama meninggalkan tanah
kelahirannya
4) Sama-sama pergi ke suatu suku bangsa
yang asing
5) Sama-sama ada pengungsian karena
kelaparan
6) Sama-sama Rut dan Saarah tidak
melahirkan anak sebelum Tuhan memberikan
7) Sama-sama mengingat perjanjian
dengan Tuhan
8) Sama-sama mempunyai kasih setia
(hesed)
9) Rut dan Sarah sama-sama melahirkan
anak diusia senja
10) Rut tetap beriman meskipun tidak
nampak ada hari depan sama dengan Abraham
Janji Tuhan kepada Abraham, …”dan
dari padamu akan berasal raja-raja” (kejadian 17:6), dijawab di Rut 4:22, Obed
(anak Boas dan Rut) memperanakkan Isai da Isai memperanakkan Daud”.
Persamaan dan perbedaan
antara Rut dan Tamar
1) Sama-sama janda karena suaminya
meninggal
2) Sama-sama belum punya anak
3) Sama-sama memakai pakaian indah
4) Sama-sama menghampiri laki-laki
5) Bedanya: Rut melakukannya dengan
tulus
Tamar memperdaya dengan
mempresentasikan diri sebagai pelacur
Rut
and Ester
Rut Ester
>A gentile woman >A
Jewish woman
>Lived among the Jews >Lived
among the Gentiles
>Married a Jewish man in the
royal line >Married
a gentile man who ruled
of David an empire
>A story of faith and blessing >A
story of faith and blessing
Decroly Sakul - Juli 2021
Tidak ada komentar:
Posting Komentar